6 Tips aman dalam berbelanja online

Assalamualaikum.. sebelumnya karena masih suasana lebaran, saya mengucapkan Selamat Hari Lebaran Mohon Maaf Lahir dan Batin 
Akhirnya bisa posting juga karena jadwal yang sangat padat :) hehehe, hari ini saya ingin sharing Tips aman dalam berbelanja Online versi saya,saya sangat kesal,karena sangat banyak nya orang yang "awam" sehingga tertipu pada saat membeli online, langsung saja

1. Lakukan Observasi Terhadap barang yang akan anda beli


Sebelum membeli sesuatu,terutama jika anda membeli barang second, pertama alangkah baiknya anda mencari dulu barang itu di Google, apakah  harga nya masuk akal atau tidak. Selanjutnya lihat feedback dan rating dari pembeli sebelumnya, apabila sudah banyak feedback negatif, saran saya tinggalkan saja.

2. Gunakan Rekening Bersama (REKBER) Resmi ! 



Mungkin ini yang paling penting dalam kamus belanja online dalam hidup saya, bagi yang belom tau Rekber bisa search aja di google ya. Saya pertama kali mengenal Rekber ketika terjun pada dunia FJB Kaskus, sistem rekber sendiri adalah untuk menahan uang si penjual sampai si pembeli benar2 menerima barang dalam kondisi yang sehat walafiat. Pada zaman ini, sudah banyak Rekber resmi yang terpercaya antara lain Kaskus, Tokopedia, dan Bukalapak kenapa saya bilang resmi dan terpercaya? karena pada tahun2 lalu ada Rekber yang kurang amanah, sehingga malah menggelapkan uang customer nya :v

3. Jangan gunakan kartu kredit !
Credit Card atau Kartu Kredit memang cara yang sangat praktis dalam berbelanja, tapi banyak juga tindak kejahatan yang menyangkut penggunaan kartu kredit oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Di zaman modern ini sangat banyak metode pembayaran dan metode yang paling sering saya pakai adalah bayar via minimarket  hehehe, walaupun kena charge, tapi saya yakin itu metode yang paling aman dalam belanja online.

4. Lakukan metode Cash on Delivery (COD)


Cash On Delivery atau istilah bahasa indonesianya bayar ditempat. Jika anda khawatir dan kurang percaya dalam metode transfer, CoD adalah solusinya. Dalam metode pembelian ini calon pembeli dapat langsung berinteraksi dengan penjual mengenai produk yang dijualnya. Metode CoD biasanya hanya ada apabila penjual perorangan, tapi akhir2 ini banyak juga Online shop yang menyediakan metode CoD seperti Lazada,Mataharimall,Zalora dll


5. Jangan gunakan Wifi publik dalam berbelanja online


Himbauan untuk Para Pencari Wifi hehehe,apabila anda sangat menyukai metode dengan kartu kredit,hindari berbelanja dengan menggunakan Wifi public. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, banyak nya kasus yang menyangkut pembobolan kartu kredit, banyak carder yang sengaja memanfaatkan Wifi Public sebagai media untuk mengambil data2 korbannya. Jadi apabila anda pengguna Kartu Kredit, perbanyak lah persediaan kuota anda.

6. Selalu belanja di Online shop terpercaya
Bagi anda yang masi awam dalam dunia belanja online, mungkin sebaiknya gunakan memang yang benar2 terpercaya dan kemungkinan tidak ada penipuan. Mungkin dibawah ada daftar online shop yang menurut saya sudah terpercaya :
  • Matahari Mall
  • Bhineka
  • Blanja.com (powered by ebay)
  • Tokopedia (Rekber)
  • Bukalapak (Rekber)
  • Rakuten
  • Lazada Indonesia
  • Blibli
  • Elevenia
  • Shopee
Note : Jangan pernah beli Smartphone dengan harga murah


Di Point terakhir ini saya tidak bermaksud menyudutkan penjual dan bukan untuk menyebar kebencian terhadap online shop yang merasa. Saya akan menjelaskan karena masih banyaknya korban

Menurut beberapa pengalaman temen saya, banyak yang tergiur akan murahnya Smartphone dengan harga miring. Harga nya cukup murah,sampai setengah dari harga pasaran. Barang tersebut adalah barang yang berasal dari batam, bukan rahasia umum lagi tentang penyelundupan smartphone bekas dari Singapore dan negara asia lainnya untuk menghindari pembayaran bea dan cukai. 

Sekali lagi saya tidak menyebar kebencian agar anda tidak membeli, bagi anda yang ingin membeli ya silahkan beli saja nanti bisa direview. 

semenjak saya bergabung di salah satu grup yang berisi korban dari penjualan hp batam ini, saya menjadi geram akan tindakan yang dilakukan penjualnya. Bagi yang belum tau, hp second yang mereka jual adalah hasil rekondisi, rekondisi adalah smartphone yang sudah rusak tapi masih ada beberapa komponen masih bisa dipakai. Dan barang yang rusak diganti dengan komponen yang mungkin berbeda tipenya, ga ayal ada pembeli yang mengeluh hp nya mati total atau sinyal hilang ketika hpnya di reset ke pengaturan pabrik.

Saya tidak bilang semua barang yang dijual buruk, mungkin ada 3 dari 10 barang yang bagus, jadi yang beli tergantung hoki anda

Tidak semua Seller batam menjual barang yang jelek,ada beberapa juga yang memang seller jujur,jadi jika anda ingin membeli,harus pintar2 cari seller.

Mungkin nanti saya akan bikin post pribadi tentang ini,Thanks


Nah mungkin cuma segitu, jika ada yang mau nambahin atau koreksi bisa di kolom komentar yaa, Thanks sudah berkunjung

Comments