5 Distro Linux terbaik untuk Pemula + Link Download


http://www.omgubuntu.co.uk/wp-content/uploads/2016/10/other-tux-logo-350x200.jpg 


Hai kawan, hari ini saya mau share distro-distro linux apa saja yang cocok bagi pemula, apalagi yang baru aja migrasi dari os "Jendela" hehehe,, ini menurut pengalaman ane gan dan juga dari sumber2 di internet sana yang ane kutip, yooo langsung aja ya,,

1. Linux Mint
https://www.linuxmint.com/pictures/screenshots/serena/cinnamon.png
Linux Mint 18.1 Cinnamon
Linux Mint adalah salah satu distro turunan ubuntu yang paling populer,bahkan sampai mengalahkan os induknya karena mungkin Mint lebih mirip windows kali ya dibanding ubuntu hehehe, makanya itu saya merekomendasikan Mint sebagai pilihan kalian yang ingin migrasi dari windows ke linux dan sekarang pun ane makenya Mint KDE 18.1 serena, dan di Linux Mint sendiri mempunyai 4 DE (Desktop Enviorement) yaitu Cinnamon,KDE,XFCE, dan MATE

Kelebihan Mint :
  • Sekilas Mirip Windows
  • Elegan
  • Bisa pakai aplikasi ubuntu (karena turunan ubuntu)
  • Forum nya banyak (jadi bisa sharing kalau ada masalah)
 Download Linux Mint via kambing.ui.ac.id (full speed)

2. Manjaro
https://manjaro.org/wp-content/uploads/2017/03/xfce-170.png
Manjaro 17 XFCE
Mungkin disini pada bertanya tanya kenapa saya masukan manjaro linux, karena menurut saya ini memang cukup cocok untuk pemula karena lebih mirip windows daripada Linux mint, saya selalu merekomendasikan  kepada teman2 saya yang ingin bermigrasi agar tidak selalu menggunakan turunan mbah Debian terus menerus (tapi kenyatannya saya menggunakan turunan debian :v) ,karena manjaro ini sendiri adalah turunan Arch Linux ,dan Arch Linux itu sering banget update jadi cepat berkembang. Manjaro ini juga easy instal loh, ga ribet pas instalasi nya dan juga kalau mau upgrade kernel juga ga susah susah banget

Kelebihan Manjaro :
  • Lebih mirip Windows
  • Mudah di instal
  • Ringan (menurut ane wkwkwk)
  • dukungan kompatibilitas hardware yang banyak
Link Download Manjaro Web resmi  (belum ada di kambing)

3. Ubuntu
Ubuntu 16.04.2 Desktop
Ubuntu Unity 16.04 LTS
Yang ini gausah dijelasin lagi ya hehehe, pasti udah tau Sistem operasi turunan Debian yang cukup terkenal di dunia Linux, ga diragukan lagi deh pokoknya. Ubuntu adalah salah satu os yang paling banyak variannya yang bikin bingung usernya milih yang mana soalnya keren semua dan juga di ubuntu juga udah ada Ubuntu Store dengan aplikasi yang melimpah, jadi gausah bingung mau download softwarenya. Ane saranin kalau mau instal mending yang LTS ya (dirilis 2 tahun sekali) ,jadi dukungannya sampe 5 tahun

Kelebihan :
  • Usernya banyak dan forumnya pun banyak
  • Banyak varian nya
  • Dukungan update sampai 5 tahun
  • Stabil
Link Download kambing.ui.ac.id  (full speed)


4. Zorin OS
Zorin OS 12.1 core
Zorin OS adalah salah satu os yang sangat memfokuskan dirinya kepada user interfacenya, dengan alasan itulah zorin sangat terlihat seperti paduan antara windows dan mac os dan juga bisa instal aplikasi windows loh di zorin ini. Karena alasan tersebut ane merekomendasikan zorin os dan kalian yang udah migrasi ke zorin os pasti nyaman deh sama interface nya yang dimanjain banget hehehe

Kelebihan :
  • User Interface nya keren
  • Mirip Windows dan Mac
  • Terintegrasi aplikasi windows
  • Anti lemot
Link Download Web resmi


5. elementaryOS
elementaryOS 0.4 Loki
Sama dengan zorin OS, elementaryOS juga memfokuskan dirinya kepada User Interfacenya dan Seperti slogan yang diusungnya "A fast and open replacement for Windows and macOS" yang arti nya cepat dan terbuka sebagai pengganti windows dan macOS, dengan slogan itu lah elementaryOS membuktikan, bahwa memang elementaryOS sangat mirip dengan perpaduan windows dan macOS, jadi elementary memberikan kemudahan bagi para mantan  pengguna Windows dan macOS yang beralih ke Linux.

Kelebihan :
  • User Interface yang elegan
  • Banyaknya aplikasi pre-installed 
  • Mirip windows dan macOS
  • Ringan dan stabil
Link Download elementaryOS Web Resmi


Nahh, cukup ya sampai 5 saja, itu yang menurut ane terbaik untuk pemula apalagi yang baru migrasi, terima kasih telah berkunjung

Silahkan beri komentar dan share kepada teman teman


Comments